Sabtu, 06 Juli 2013

Dahlan Iskan dan Yusuf Mansur Ajak Umat Patungan Usaha

DIDUKUNG: Dahlan Iskan (baju putih) dan Yusuf Mansur (peci hitam) di depan ribuan jamaah Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu (30/6)

JAKARTA - Dahlan Iskan kembali menegaskan dukungannya terhadap program patungan usaha dan aset dari Ustadz Yusuf Mansur . Saat ikut pengajian rutin ustadz muda itu di Masjid Istiqlal Jakarta Minggu (30/6), menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini akan membantu agar program patungan usaha itu bisa dilegalkan dalam bentuk badan usaha. ”Supaya clean and clear,” kata Dahlan Iskan.

Legalitas program patungan ini, menurut Dahlan Iskan diperlukan untuk memenuhi syarat supaya bisa didaftarkan di Badan Pengawasan dan Penanaman Modal (Bapepam) . Statusnya, sebagai perusaan publik non listed. ”Saya akan mengawal program ini sampai jalan. Demi nama baik umat Islam,” tegas Dahlan Iskan.

Sebelumnya, dalam pengajian rutin akhir bulan itu, Ustadz Yusuf Mansur kembali membahas program patungan usaha. Yakni, kegiatan mengajak umat Islam untuk investasi secara bersama-sama, memodali usaha atau pembangunan aset untuk kepentingan umat Islam.

Program ini sudah dirintis pendakwah asal Cipondoh, Tangerang ini sejak dua tahun lalu. Hasilnya, antara lain berupa pembangunan hotel untuk penginapan jamaah umrah dan haji di Cipondoh yang kini tengah dalam tahap penyelesaian.

Lewat dana patungan yang sudah terkumpul, Yusuf Mansur juga tengah merintis perusahaan jasa umrah dan haji. Termasuk, rencana pengadaan pesawat khusus untuk umrah dan haji.

Dahlan Iskan pernah mendapat penjelasan langsung tentang program patungan usaha dan aset ini dari Yusuf Mansur pertengahan Juni lalu. Yakni, saat dia berkunjung sekaligus menginap di pondok pesantren ustadz yang dikenal sebagai salah satu penggerak gerakan bersedekah ini.

Waktu itu, Dahlan Iskan sangat tertarik. Dia menilai, program ini punya potensi besar untuk menggalang dana dari masyarakat untuk menggerakkan ekonomi Indonesia.

Saat itu pula, menteri yang memang sangat getol mendorong kewirausahaan ini, terlibat diskusi panjang dengan Yusuf Mansur. Antara lain, dia memberi saran-saran agar program ini bisa lebih berkembang secara bisnis.

Di depan sekitar lima ribu jamaah yang hadir di Masjid Istiqlal Minggu (30/6), Dahlan Iskan mengatakan, jika sudah berbentuk badan usaha yang terdaftar secara hukum, program patungan ini potensial untuk menarik dana masyarakat dengan lebih optimal lagi. Nantinya, dana masyarakat itu akan dirupakan dalam bentuk saham.

”Jika yang menanam saham sudah banyak, maka bisa mematok target lebih tinggi lagi, Misalnya, mengakuisi saham Bank Muamalat,” kata Dahlan Iskan.

Yusuf Mansur sendiri mengaku senang dengan masukan Dahlan Iskan itu. Dia menyebut masukan itu adalah penyempurnaan dari program patungan itu. ”Sehingga, program patungan ini tidak hanya benar di niat. Tapi, juga secara aturan dan legal,” katanya.

Pada kesempatan itu, Yusuf Mansur dan Dahlan Iskan melontarkan ajakan kepada para jamaah yang hadir untuk mendukung program patungan. Spontan, hampir semua dari ribuan jamaah itu mengacungkan tangan, siap mendukung program patungan.

Antusias para jamaah itu untuk mendukung program yang digagas Yusuf Mansur dan didukung Dahlan Iskan itu antara lain juga ditunjukkan dengan cara bersedia antre untuk bersalaman dengan dua tokoh itu. Mereka berbaris tertib, menunggu giliran bersalaman dengan DahlanIskan dan Yusuf Mansur . (ag/pam/medcen)

sumber

0 komentar:

Posting Komentar