Jumat, 04 Januari 2013

Doa Yang Mengharukan


Pertama kali ikut Sholat berjamaah di Masjid Gontor 2 tempat anak saya Fatih mondok, bersama ribuan santri baru begitu mengaharukan. Santri yang berjumlah ribuan tersebut sepertinya langsug menyatu dan kompak dalam melakukan berbagai aktifitas, termasuk sholat berjamaah, dan dilanjutkan dzikir kompak, doa kompak, masuknya pun kompak, membuat shof, mengatur barisan yang langsung dikomandani oleh para pembina. Para pembina sudah membuat peraturan, memberi aba-aba untuk segera ke masjid sebagai proses mendisiplinkan mereka agar terbiasa sholat tepat waktu dengan bersiap dengan segala perlengkapannya. Peci, sarung dengan sabuknya, serta sajadah di pundak sebelah kanan.

Mulai dengan bel motor, bel sepeda dan tepukan tangan pertanda anak-anak harus segera bersiap dan segera menuju masjid. Catatan nggak boleh terlambat, sudah harus berada di dalam masjid sebelum adzan berkumandang. Membiasakan diri untuk menanti sholat, bukan menunggu adzan baru bergerak.

Sholat pun berlangsung secara berjamaah, suara Amiiiiiiiiiinpun mengharukan. Usai salam sang imam memimpin dzikir dan doa.. Sebelum melanjutkan dengan sholat ba’diyah anak-anak santri yang berjumlah ribuan itu membacakan surat Al Faatihah untuk orang tua santri yang dipimpin oleh assatidz pesantren…

Para santri mari kita bacakan surat Al Fatihah untuk orang tua kita agar Allah hadirkan kesehatan, keselamatan, keberkahan serta kepalangan rizki Alfaatihah, suara dari depan mimbar yang disambut spontan seluruh santri membacakan surat alfaatihah sebagai bentuk penghormatan kepada orang tua serta mendoakan agar Allah mengabulkan segala doa yang terpajatkan.. Subhanallah saat itu saya teraru, netesina air mata. Merasakan kabahagiaan yang belum tentu bisa dirasakan oleh orang tua lainnya.

Saya merasa menjadi orang yang beruntung karena mempunyai  anak yang mau mondok, mau belajar agama, mau prihatin untuk sebuah masa depan. Maka doa itupun menghujam dalam hati sehingga tak terasa saya meneteskan air mata. Betapa bahagianya orang tua yang nyantrenin anaknya, mereka akan mendapatkan doa dari anak-anaknya setiap hari secara berjamaah.. Subhanallah… Semoga jadi anak sukses ya nak…


0 komentar:

Posting Komentar